Rabu, 18 Maret 2015

Apa itu hepatitis B?


cara penyakit hepatitis b berjangkit, ciri penyakit hepatitis b dan c, gejala penyakit hepatitis a b c d e, perbedaan penyakit hepatitis b dan c, cara pengobatan penyakit hepatitis b, cara merawat penyakit hepatitis b, ciri gejala penyakit hepatitis b, cara rawatan penyakit hepatitis b, cara mengetahui penyakit hepatitis b, bagaimana cara penularan penyakit hepatitis b, penyakit hepatitis b dapat sembuh, penyakit hepatitis b dan pengobatanya, penyakit hepatitis b dan penyebab, penyakit hepatitis b dan obatnya, gejala penyakit hepatitis b dan pengobatannya, bisakah penyakit hepatitis b disembuhkan, statistik penyakit hepatitis b di malaysia, penyakit hepatitis b tidak dapat menular melalui, apakah penyakit hepatitis b dapat menular, apakah penyakit hepatitis b dapat sembuh, prevalensi penyakit hepatitis b di indonesia, penyakit hepatitis b boleh sembuh, penyakit hepatitis b bahasa indonesia, faktor penyebab penyakit hepatitis b, faktor resiko penyakit hepatitis b, faktor yang mempengaruhi penyakit hepatitis b, faktor risiko penyakit hepatitis b

Hepatitis B adalah infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Infeksi  ini dapat  mengakibatkan kerusakan pada hati selanjutnya  dan menyebabkan kanker hati.    Orang – orang  yang    terinfeksi  virus ini,  tidak menyadari kalau mereka  sudah terinfeksi.  Pada umumnya di beberapa negara penyebaran hepatitis B adalah melalui  ibu ke anak.

Pengetahuan Dasar Hepatitis

Kata ‘hepatitis’ berarti  Peradangan  hati. Fungsi hati sangat penting bagi kesejahteraan hidup anda. Fungsi hati berkemungkinan tidak bekerja dengan baik apabila peradangan atau kerusakan terjadi  dan hal ini dapat mempengaruhi kesehatan Anda.
Peradangan  hati dapat disebabkan oleh alkohol, obat-obatan atau virus. Virus yang sangat umum menyebabkan hepatitis di Australia adalah virus hepatitis A, virus hepatitis B dan virus hepatits C.  Semua virus ini berbeda, namun mereka mempunyai persamaan dalam mempengaruhi fungsi hati.
Hepatitis A ditularkan  melalui  makanan atau air yang terkontaminasi. Daya tahan tubuh  akan menghilangkan virus ini dengan sendirinya setelah  beberapa waktu .                                                     
Vaksinasi tersedia untuk mencegah virus hepatitis A.
Hepatitis C ditularkan  melalui kontak/hubungan darah kedarah dan dapat  menyebabkan kerusakan pada hati -dan kanker hati. Vaksinasi untuk mencegah hepatitis C belum ada, namun pengobatan tersedia.
Informasi mengenai  hepatitis B dapat diperoleh  dalam brosur ini. Vaksinasi untuk mencegah hepatitis B dan pengobatannya  telah tersedia  bagi penderita penyakit ini.

Apa yang akan terjadi  bila anda terkena hepatitis B?

Hepatitis B  dapat menjadi akut atau kronis.  Seseorang yang terinfeksi virus hepatitis B akan menghilangkan virus ini dengan sendirinya  dalam waktu 6 bulan dan  akan meningkatkan  daya tahan tubuhnya sendiri untuk melawan virus ini  pada orang dewasa. Setelah mereka sembuh, mereka tidak dapat  terinfeksi oleh virus hepatitis B lagi dan tidak dapat menularkannya ke orang lain. Hal ini disebut hepatitis B  akut.
Seseorang akan dikategorikan sebagai hepatitis B kronis apabila infeksi  terus terjadi dan melebihi 6 bulan.  Infeksi  kronis  terjadi pada 90% bayi-bayi yang terinfeksi virus hepatitis B  dan akan menyebabkan kerusakan pada hati, gagal hati ( pada saat hati sudah tidak berfungsi  ) dan kadang-kadang dapat menyebabkan kanker hati  pada saat mereka  dewasa.

Semakin muda usia seseorang  pada saat mereka terinfeksi hepatitis B, semakin tinggi resikonya kerusakan hati, bahkan bisa berkembang menjadi kanker hati ketika mereka menginjak usia dewasa. Sebagian besar penderita hepatitis B kronis di Australia, terjadi pada seseorang yang lahir di luar negeri pada saat  mereka  bayi atau anak-anak.

Hepatitis B kronis dan kesehatan anda

Apabila anda sudah terinfeksi hepatitis B kronis, anda harus mengunjungi dokter sedikitnya sekali setahun karena kerusakan hati dapat terjadi kapan saja. Dokter     anda akan memberikan saran terbaik  dalam menjaga kesehatan dan pemeliharaan hati . Dokter juga akan memberitahu  anda jika anda perlu untuk mengambil obat  dan akan  mengarahkan anda ke dokter ahli/spesialis hati apabila diperlukan. Kebanyakan orang yang  terinfeksi hepatitis B kronis hidup  sehat dan tidak  perlu minum  obat-obatan untuk penyakit hepatitis B .

Untuk membantu hati Anda:

  • mengurangi minum minuman ber-alkohol atau tidak sama sekali
  • mengkonsumsi  makanan yang sehat seimbang  dan mengurangi  lemak yang berlebihan
  • menjaga berat badan yang sehat
  • berhenti atau mengurangi merokok
  • olah raga yang teratur
  •  mengatasi stress anda, mendapatkan  dukungan dan beristirahat  sebanyak mungkin.
  •  melakukan vaksinasi hepatitis A, untuk melindungi anda dari virus-virus hepatitis lainnya, yang dapat menyebabkan lebih parah dari penyakit hati .

Tidak ada yang namanya  ‘penderita yang sehat’

Infeksi Hepatitis B kronis adalah suatu penyakit yang kompleks, yang dapat berubah  seiring berjalannya waktu, dengan beberapa periode dimana hati tidak rusak.  Di masa  lalu, orang yang melalui periode  ini disebut sebagai ‘penderita yang sehat’.  Bagaimanapun, penyakit ini dapat berubah tanpa sepengetahuan anda  dan anda mungkin  berada pada resiko  kerusakan hati . Sekarang kita baru mengetahui bahwa tidak ada yang namanya  ‘penderita yang sehat’. Satu - satunya  cara untuk mengetahui apa  yang  virus hepatitis B kronis  lakukan terhadap hati anda adalah dengan memeriksakan secara rutin hati anda. Meskipun anda diberitahu bahwa anda adalah  ‘penderita sehat’ di masa lalu, anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter paling tidak setahun sekali.

Bagaimana anda bisa terinfeksi hepatitis B?

Virus Hepatitis B terdapat dalam cairan tubuh seperti darah, air mani dan cairan vagina dari seorang yang terinfeksi. Virus Hepatitis B penyebarannya hanya dapat terjadi ketika cairan tubuh si penderita masuk ke tubuh orang lain. Virusnya  dapat ditularkan  meskipun jumlah cairan tubuh yang dapat terlihat oleh mata hanya sedikit.
Semakin  muda- usia seseorang  pada saat mereka terinfeksi hepatitis B, semakin tinggi resikonya menjadi hepatitis B kronis pada saat  mereka dewasa. C ara yang paling umum  terjadi adalah:
 Pada saat kelahiran, dari seorang Ibu yang ter-infeksi  kepada bayinya. Terutama di negara yang sedang berkembang.
  • Pada masa kanak-kanak, dari orang ke orang melalui luka atau potongan yang tidak tertutup.
 Kebanyakan orang dewasa yang terinfeksi hepatitis B, dapat menghilangkan  virus  dengan sendirinya. Cara yang paling umum seorang dewasa  ter infeksi virus  ini , adalah:
 Dengan cara berhubungan intim/seks tanpa menggunakan kondom dengan seseorang yang terinfeksi  hepatitis B
  • Dengan  berbagi alat jarum suntik narkoba  yang sama.
 Hepatitis B juga dapat ditularkan dengan cara:
  • Melalui penggunaan bersama barang pribadi - seperti pisau cukur, sikat gigi atau  barang  lainnya  yang tercemar darah.
  • Melalui jarum suntik,  prosedur pengobatan dan perawatan gigi  di negara-negara  dimana  yang alat-alat nya tidak disterilkan/dibersihkan dengan benar. Di Australia hal ini aman.
  • Melalui transfusi darah khususnya di negara - negara yang tidak memeriksa apakah darah tersebut tercemar virus hepatitis B. Di Australia hal ini juga aman.
  • Melalui praktek tradisional dimana  darah mungkin terlibat misalnya: tusuk jarum/akupunktur
  • Menggunakan peralatan tato yang tidak disterilkan dengan tepat. ini  termasuk  pembuatan tato kosmetik.

Anda tidak dapat terinfeksi virus  hepatitis B melalui:

  • batuk
  • berpelukan
  • gigitan/sengatan serangga
  •  penggunaan bersama kamar mandi dan fasilitas toilet
  • penggunaan bersama peralatan memasak dan peralatan  makan
  • kolam renang
 Menyusui anak adalah aman, terutama bila sang bayi telah divaksinasi dengan imunisasi hepatitis B.

Bagaimana  hepatitis B secara umum di seluruh dunia?

Terdapat lebih dari 350 juta penduduk yang terinfeksi hepatitis B kronis di seluruh dunia, dan setiap tahunnya menyebabkan lebih dari 1 juta kematian. Di beberapa komunitas, cara penularan virus hepatitis B yang sering terjadi adalah melalui seorang  ibu kepada anaknya  pada saat melahirkan.
Peta distribusi/penyebaran hepatitis B di seluruh dunia

Sumber: WHO,2001
Di Australia, kebanyakan hepatitis B kronis  adalah mereka yang dilahirkan di negara  negara dimana hepatitis B  sangat umum.

Apa saja gejala-gejala virus Hepatitis B?

 Sebagian besar  orang yang terinfeksi hepatitis B tidak mempunyai  gejala khusus dan sebagian besar dari mereka tidak mengetahui apabila mereka sudah terinfeksi virus-hepatitis B. Namun, meskipun tidak ada gejala-gejalanya, virus itu dapat mengakibatkan kerusakan pada hati.
Gejala-gejalanya dapat  datang dan pergi, mungkin sama dengan penyakit lainnya.  Kemungkinan gejala – gejala dari hepatitis B kronis, seperti:
  • Sakit dan nyeri pada persendian
  • kehilangan nafsu makan
  • rasa mual (merasa seperti anda ingin muntah)
  • rasa sakit di hati (bagian atas, sisi kanan perut)
  • kelelahan, depresi/tekanan batin, mudah tersinggung
  • muntah-muntah
 Satu-satunya cara untuk mengetahui jika anda terinfeksi hepatitis B kronis adalah dengan mendapatkan tes darah yang benar.

Pengujian/pengetesan  untuk hepatitis B

Tidak semua uji/tes darah akan menunjukkan hasil bahwa anda  terinfeksi hepatitis B. Dokter anda perlu melakukan tes darah secara khusus untuk mengetahui  apakah anda memilikinya. Tes akan menunjukkan  apakah anda terinfeksi  hepatitis B kronis atau jika anda sudah kebal/mempunyai daya tahan tubuh untuk melawan serangan virus hepatitis B.  Tanyakan kepada dokter anda tes apa yang perlu  dilakukan untuk mengetahui apakah anda terinfeksi hepatitis B. Tes kesehatan yang diperlukan pada saat  anda bermigrasi/pindah ke Australia biasanya tidak termasuk tes untuk hepatitis B.
Apabila anda terinfeksi  hepatitis B kronis, dokter anda mungkin akan melakukan beberapa tes tambahan , untuk mengetahui sejauh mana terjadi kerusakan pada hati anda dan apakah anda perlu mengambil obat. Dokter anda dapat menerangkan setiap tes yang perlu diambil dan menjelaskan untuk apa tes tersebut dilakukan.

 Anda harus melakukan  tes untuk hepatitis B apabila:

  • Dilahirkan  atau tinggal di suatu negara dimana hepatitis B sangat umum terjadi atau di negara dimana tidak ada vaksinasi hepatitis B yang diberikan secara cuma-cuma/gratis kepada bayi dan anak-anak.
  • Mempunyai orang tua atau anggota keluarga yang terinfeksi hepatitis B, penyakit hati atau kanker hati.
  • Pernah berhubungan seksual dengan lawan pasangan yang terinfeksi hepatitis B, atau tinggal dengan seseorang yang terinfeksi hepatitis B kronis.
  • Pernah melakukan transfusi darah, prosedur medis dan pengobatan gigi di negara yang sedang berkembang.
  • Pernah mengambil bagian dalam praktek-praktek budaya  yang melibatkan darah, seperti tato, dan lain lain.

Apakah ada pengobatan  yang dapat membantu penyembuhan Hepatitis B?

 Untuk sementara hepatitis B tidak dapat disembuhkan, tetapi  tersedia pengobatan untuk mengendalikan virus ini. Pengobatan ini dapat mengurangi kerusakan pada hati dan mengurangi resiko terjadinya kanker hati. Pengobatan ini juga membantu hati untuk memperbaiki sendiri kerusakannya. Dokter  anda akan memberitahukan anda apabila anda memerlukan pengobatan. Sebab itu  anda perlu mengunjungi dokter anda secara rutin.
Apabila  anda membutuhkan  pengobatan , dokter  anda akan memberikan referensi  ke dokter spesialis hati. Dokter    spesialis hati anda akan menjelaskan pengobatan yang tersedia dan cocok untuk  anda. Anda juga harus mengunjungi dokter spesialis anda secara rutin, apabila anda sudah mulai menjalankan  pengobatan. Sangatlah penting untuk terus mengkonsumsi  obat tersebut  setelah anda memulainya. Apabila  anda mempunyai masalah dengan pengobatan anda, jangan berhenti menggunakannya;   diskusikan dengan dokter anda terlebih dahulu.
Jelaskan pada dokter atau spesialis anda apabila anda juga menggunakan pengobatan alami seperti  jamu  atau obat-obat tradisional seperti ramuan tumbuhan, karena  pengobatan tradisional  mempengaruhi keadaan hati anda atau menghentikan pengobatan anda bekerja dengan baik. Dokter dapat memberitahukan  anda tentang  ramuan atau obat tradisional mana yang anda harus hindari.

Bagaimana caranya bagi kita untuk mencegah penyebaran hepatitis B?

Vaksinasi adalah cara terbaik untuk keluarga  anda dan orang terdekat dengan anda untuk dilindungi terhadap hepatitis B.
Di Australia, semua  ibu ditawarkan  vaksinasi gratis untuk bayi mereka ketika mereka dilahirkan.  Untuk perlindungan sepenuhnya , bayi akan membutuhkan  dosis tertentu dalam 12 bulan pertama.  Vaksin ini aman dan efektif. 
Vaksinasi gratis ini juga tersedia untuk anak-anak dan remaja, serta keluarga dan orang-orang yang berhubungan  dekat dengan seseorang yang terinfeksi hepatitis B.  Mintalah dokter  anda untuk informasi lebih lanjut. 

Beberapa hal yang bisa  kita lakukan untuk  menghentikan  penyebaran  hepatitis B:

  • Hindari kontak/hubungan  langsung dengan darah: jangan memakai bersama barang-barang milik orang lain, seperti alat cukur,  sikat gigi dan barang barang pribadi milik orang lain.
  • Tutup segala luka yang terbuka dan bersihkan segala tumpahan darah dengan bleach . Jangan biarkan orang lain untuk menyentuh luka atau darah anda kecuali mereka memakai sarung tangan.
  • Membuang  barang  milik pribadi seperti lap kertas pembalut wanita,  perban , ke dalam kantong plastik tertutup .
  • Gunakan alat pengaman seperti kondom atau cairan pelumas   saat berhubungan intim.
  • Jangan memakai bersama jarum suntik atau peralatan untuk menyuntik narkoba.
 sumber : http://www.mhahs.org.au

Tidak ada komentar:

Posting Komentar